Sejak Bapak Presiden Jokowi mengumumkan pasien pertama korona pada tanggal 2 Maret 2020, Indonesia telah ditetapkan terdampak wabah yang disebabkan COVID-19. Pemerintah juga sudah menetapakan untuk tetap dirumah, melakukan phisical distancing, hingga larangan mudik (berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman). Mungkin beberapa diantara kita mungkin ada yang merasa keberatan dengan kebijakan-kebijakan tersebut. Larangan untuk mudik apalagi di bulan Ramadhan, menyambut Lebaran, dimana sudah menjadi tradisi untuk mudik bersama-sama sudah tidak dimungkinkan. Tujuan pemerintah menetapkan kebijakan tersebut hanya ingin membatasi penyebaran COVID-19 agar pandemi ini segera berakhir di Indonesia. Kita sebagai manusia yang memiliki iman, yakinlah dibalik sebuah pandemi terdapat makna yang sangat bermanfaat bagi kita semua.

Dibalik Sebuah Pandemi Terdapat Makna, "designed by Freepik"
Designed by Freepik

Makna dibalik Pandemi

Bukan lagi saatnya menyudutkan siapa pun dalam kondisi pandemi ini. Saatnya kita bersatu, bersama menghadapi wabah ini. Dibalik sebuah pandemi terdapat makna bermanfaat. Dengan penetapan physical distancing (setidaknya menurut saya pribadi) maknanya antara lain:

  1. Dengan #dirumahaja, mendekatkan diri dengan keluarga. Mungkin beberapa diantara kita hanya bertemu dengan keluarga pada malam hari. Dengan kerja di rumah kita tiap saat bertemu keluarga. Bagi saya, walau pekerjaan kantor bertambah kerepotannya karena bersamaan dengan mengurus si Bayi, hal ini menyenangkan. Kelelahan yang lebih dari biasanya terbayarkan dengan selalu bisa lihat kelakuan dan perkembangan si Bayi.
  2. Dengan #dirumahaja bisa meningkatkan ibadah apalagi di bulan Ramadhan. Mungkin beberapa orang beranggapan bagaimana bisa meningkatkan ibadah di rumah. Silahkan kita cek kembali kapan terakhir kali ibadah bersama-sama keluarga pada saat sibuk bekerja?
  3. Dengan #dirumahaja bisa bantu orang lain. Dengan melakukan belanja online, kita bisa membantu para pekerja yang berjuang untuk keluarganya pada bidang pengantaran barang. Para ojol sekarang sudah sangat sulit, bahkan tidak bisa lagi mengantar orang karena penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena itu kita bisa bantu mereka untuk mengantar barang belanjaan kita. Saat terima barang jangan lupa bersihkan dengan disinfektan/cuci barang tersebut untuk memastikan kebersihannya.
  4. Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan yang bermakna dengan #dirumahaja… tergantung bagaimana niat kita… kalau mau tambahkan silahkan tulis di kolom komentar.

-haidarahmad-


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate to: »
%d blogger menyukai ini: