Beberapa waktu lalu saya coba bikin polling kecil di InstaStory saya (akun ig saya: @haidarahmad) dengan hasil seperti ini:

Dari polling itu ternyata cukup banyak juga yang sependapat dengan saya bahwa ke depannya ev (electric vehicle) atau kendaraan listrik akan merubah dunia. Iya.. saya tidak salah tulis, bukan hanya merubah industri otomotif, tapi akan merubah dunia. Berikut alasannya:

  1. Komponen pada kendaraan listrik lebih sederhana, sehingga yang berdampak pada perubahan industri otomotif secara keseluruhan.
  2. Baterai pada ev adalah “power bank” berjalan yang keliling-keliling kota. Disadari atau tidak baterai pada ev adalah penyimpanan energi listrik yang langsung dapat digunakan. Bisa jadi pada di masa yang akan datang ketika ada gangguan jaringan pada pasokan listrik ke rumah, maka colokan instalasi rumah ke ev untuk mendapatkan listrik di rumah.


  3. EV bukan hanya sekedar kendaraan karena tertanam komputer dan (sangat dimungkinkan) terpasang IoT (Internet of Thing). Jika dahulu pada saat kita kecil sering disajikan film-film manusia menaiki robot (misal Power Rangers, Patlabor, Gundam, dll) sebenarnya ev sudah mendekati hal tersebut, yang membedakan hanya bentuknya saja.
  4. Kebutuhan listrik akan meningkat dengan adanya ev tapi energi primer di dunia tetap saja terbatas untuk membangkitkan listrik, maka ev akan memicu tumbuhnya green energy.
  5. Pengguna ev akan menjadi orang yang terencana, karena pengisian ev tidak se-instan kendaraan ICE (internal combustion engine) karena bagimana pun juga dibutuhkan durasi waktu untuk pengisian ev sehingga pengguna ev akan merencanakan kemana akan pergi, dengan baterai yang ada kapan dia harus melakukan charging.

Mungkin itu sedikit dari hal-hal yang berubah dari dunia jika makin banyak pengguna ev. Saya saat ini juga pengguna ev aktif walaupun belum ev yang canggih. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan komentar di bawah ini. 

 

“Sukses Selalu di Darat, Laut dan Udara”




0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate to: ยป
%d blogger menyukai ini: